Rabu, 08 Agustus 2012

Modifikator Spesialis JDM




Spoon Sports
Salah satu penyebab kultur JDM mewabah di dunia, selain berkat mobil-mobil JDM yang legendaris, tentu juga tidak lepas dari campur tangan para modifikator-modifikator yang terampil mengolah modifikasi pada mobil Jepang. Alasannya? Para modifikator tertantang membuat mobil Jepang yang awalnya inferior dibanding mobil buatan Amerika & Eropa dari sektor desain & performa, menjadi sejajar, bahkan mungkin melebihinya!
Nah, kali ini gua akan mengulas beberapa tuner spesialis, baik resmi atau tidak, yang gua rasa merupakan yang terbaik di manufaktur yang mereka jadikan spesialisasi, jadi untuk tuner-tuner universal seperti HKS & Amuse, tidak akan gua bahas.
Oke, kita mula bray! Cekidot
Honda 

VTEC, Type-R & Kencang. 3 Kata yang mungkin tepat menggambarkan pabrikan dengan logo “H” ini. Meskipun begitu, masih banyak yang meremehkan beberapa mobil yang diproduksi Honda, mungkin karena sistem penggeraknya yang kurang identik dengan mobil kencang (FWD), meski sudah memiliki model Euro-R (untuk pasar JDM) & Type-R, yang merupakan versi paling kencang…
Untunglah, banyak tuner-tuner spesialis yang mampu menyulap produk Honda dari Beat sampai Odyssey, berubah menjadi monster sirkuit! Inilah beberapa tuner yang Pedal2theMetal anggap terbaik!
Mugen Power

Didirikan pada tahun : 1973

Motto : “Unlimited (arti dari nama Mugen) Power
Keterangan : Mugen Power/M-TEC Co., Ltd, merupakan tuner resmi dari Honda, dengan spesialisasi di banyak sektor, namun cenderung fokus pada performa & faktor-faktor pendukungnya. Berkat pengalaman-pengalaman yang sudah banyak dirasakan Mugen di arena balap dari Super Taikyu sampai Formula 1, Mugen mampu membuat parts-parts terbaik untuk meningkatkan kemampuan mobil Honda sampai tingkat maksimum!
Tentu saja, merupakan tuner spesialis Honda resmi, yang membuktikan bahwa Honda percaya akan kualitas Mugen, sampai memakai jasa Mugen untuk beberapa modelnya, dari CR-Z sampai Civic Type-R dengan kualitas papan atas
Sekilas : Salah satu pendiri Mugen, Hirotoshi Honda…Ya, seperti anda tebak, Hirotoshi-san merupakan anak dari Soichiro Honda! Nama M-TEC Company sendiri, merupakan perusahaan baru yang memegang kendali Mugen, setelah Hirotoshi-san ditahan karena…Korupsi akan pajak! Meskipun pada tahun 2006, Hirotoshi-san dianggap tidak bersalah oleh Pengadilan
legendaris : Mugen NSX RR Concept

Merupakan versi “jalan raya” dari salah satu mobil balap kebanggaan Honda, NSX JGTC. Meski hanya konsep & belum dites di jalan raya, apalagi dijual, namun publik sudah terpesona akan kreasi Mugen yang benar-benar membuat nama NSX menjadi naik kembali, terutama berkat pemasangan mesin dengan penempatan longitudinal-nya!
Spoon Sports

Didirikan pada tahun : 1988

Motto : “Total technology & Real Comfortn
Keterangan : Didirikan oleh Tatsuru Ichishima, nama Spoon diambil dari salah satu tikungan di sirkuit Suzuka. Identik dengan warna mobil demo berwarna kombinasi Biru-Kuning-Putih, Spoon yang merupakan organizer dari event “I ♥ Honda” ini juga sudah membuktikan kreasi-kreasi mereka di banyak arena balap, dari All Japan GT Championship sampai lomba ketahanan legendaris, 24 Hours Nürburgring!
Spoon memiliki dealer khusus bernama “Speed Shop Type-One” yang memiliki visi : Tidak ingin sekadar membuat mobil modifikasi, namun juga sebuah harmonisasi dari seluruh parts-parts mobil, yang menghasilkan kemampuan terbaik mobil. Selain itu, Type-One juga memberikan pembelajaran pada kustomernya, mengenai parts-parts Spoon, serta kegunaanya. Keren!
Sekilas : Ichisima-san merupakan manusia dengan banyak pekerjaan! Selain memegang kendali akan Spoon & Type-One, Ichisima-san juga memiliki produk Rigid Collar, manufaktur kit washer di sub-frame untuk menambah kenyamanan mobil. Selain itu, lelaki yang juga merupakan penasihat di VTEC Club ini memiliki prestasi abadi : Dijadikan salah satu figur NPC di game balap Gran Turismo 5, lengkap dengan setelan jas abu-abu khasnya!
legendaris : Spoon Sports Fit

Banyak kreasi keren Spoon sebenarnya seperti S2000 ini, namun yang paling menggebrak adalah Fit ini. Meski terlihat simpel, namun jangan tanya performanya! Mobil yang merupakan bukti dari pendapat Ichisima-san bahwa “Fit merupakan mobil sport, terutama di konstruksinya” ini mampu membuat Naoki Hattori & Dorikin jatuh cinta pada peformanya! Prestasi lain? Memenangkan kompetisi ketahanan 25-jam Thunderhill, dengan posisi pertama di kelasnya!
J’s Racing

Didirikan pada tahun : 1988

Motto : “Feel. Reveal. Skill. Energy. Satisfaction
Keterangan : Nama J’s Racing, awalnya memang kurang begitu terdengar sebelum trend JDM mulai mewabah. Namun, berkat usaha Junichi Umemoto & para staff J’s Racing yang selalu membuat terobosan pada mobil Honda, akhirnya nama J’s Racing menjulang tinggi, bersaing dengan tuner-tuner Honda lainnya, seperti nama-nama diatas
Salah satu tagline J’s Racing, yaitu “The Xtreme Honda Ride” memang bukan isapan jempol semata! Semua kreasinya benar-benar gila-gilaan, mulai dari Fit Time Attack bermesin K20, sampai Civic FD2. Semuanya dimodifikasi dengan spek kelas berat, mulai dari mesin, eksterior sampai interior. Uniknya, meski fungsional, J’s Racing tidak pernah melupakan unsur “style” dari mobil-mobilnya, terutama mobil demonya yang sangat ekstravagan!
Sekilas : J’s Racing, selain menjual berbagai macam parts-parts untuk Honda, mereka juga menjadi dealer resmi untuk perlengkapan balap dari Puma Motorsport, juga menjadi dealer carrier bag merek Protex
legendaris : J’s Racing S2000 GT
Monster Touge ini, adalah salah satu kreasi yang paling monumental bagi dunia modifikasi Honda, terutama S2000. Siapa yang menyangka, S2000 yang lebih mirip mobil showoff ini, ternyata mampu menumbangkan MCR R34 GT-R & Amuse S2000 GT-1? Kombinasi dari widebody garang, vinyl wrap sangar & warna yang mencolok, membuat kita akan berpikir : “Makhluk apa ini?
Mazda

Mesin rotary sangat identik dengan Mazda. Mungkin gara-gara nama legendaris RX yang membuat banyak orang jatuh cinta akan performanya yang hebat, bobot ringan & handlingnya yang setajam pisau. Padahal banyak Mazda lain yang tidak memakai mesin rotary, namun memiliki performa yang mengagumkan, seperti Miata, AZ-1, atau MX-6. Dan ditangan tuner-tuner inilah, kemampuan mobil Mazda yang sudah baik, makin naik sampai titik teratas!
MazdaSpeed

Didirikan pada tahun : 1967

Motto : “Always the Soul of a Sport Car
Keterangan : Tuner resmi dari Mazda. Awalnya merupakan tim independen bernama “Mazda Sports Corner”, namun berkat kreasinya seperti Cosmo 110S, membuat Mazda Auto Tokyo, dealer terbesar Mazda di Jepang, menjadikan MazdaSpeed sebagai divisi tuning & balap Mazda
Sama seperti Mugen, Mazda juga membuat mobil-mobil komplit yang memakai parts & modifikasi yang tak hanya dijual di Jepang, namun juga Amerika & benua lain. Selain itu, MazdaSpeed seperti Pedal2theMetal sebut diatas, merupakan divisi balap Mazda, dan salah satu aktifitasnya adalah menyediakan MX-5, RX-8 & CX-9 kepada sekolah balap terkenal, Skip Barber Racing School
Sekilas : MazdaSpeed pernah membangun 787B, yang merupakan mobil balap ketahanan Le Mans 24 Jam. Dengan mesin Quad-Rotor, pengemudi seperti Bertrand Gachot, Volker Weidler & Johnny Herbert, 787B menjuarai kompetisi Le Mans pada tahun 1991, mengalahkan Michael Schumacher & Mercedes-Benz C11. Ini membuat Mazda satu-satunya tim Jepang yang pernah memenangkan Le Mans sampai hari ini!
legendaris : MazdaSpeed RX-7 FD3S R-Spec

Merupakan paket khusus untuk RX-7, dengan list modifikasi yang sangat lengkap. Mulai dari bodykit spesial, velg Rays/MazdaSpeed MS-01 berukuran 18″, perangkat rem Endless, suspensi, sampai parts-parts mesin yang membuat kemampuan RX-7 makin dahsyat. Kelebihan lainnya? Tentu saja kualitas & garansi ala OEM!
RE Amemiya

Didirikan pada tahun : 1974

Motto : “Curtain of the New Rotary era has been raised. Days of spoken Legend has come to an end
Keterangan : Bisa dibilang tuner paling agresif dari mesin rotary. Didirikan oleh Isami Amemiya, RE Amemiya merupakan salah satu tuner terbaik & paling berprestasi di Jepang. Banyak kreasi-kreasinya yang unik & menggebrak, mulai dari beragam bodykit yang membuat wajah RX-7 menjadi bertransformasi, sampai Furin Kazan, mobil berbasis Westfield dengan mesin rotary 13B
Ama-san benar-benar membuat RE Amemiya tak hanya sebagai rumah modifikasi, namun juga sebagai salah satu figur sentral dari kultur “Rotary” di Jepang & dunia. Selain itu, RE Amemiya juga selalu menurunkan Mazda dalam berbagai kompetisi, dari D1GP sampai JGTC, dengan hasil yang sangat memuaskan
Sekilas : RE Amemiya sejak tahun 1995 mengikuti kejuaraan Super GT kelas GT300 dengan RX-7. Meski jarang ada, bahkan satu-satunya yang memakai mesin rotary di kompetisi ini, RE Amemiya akhirnya mampu memenangkannya pada tahun 2006! Dan uniknya…Salah satu pembalapnya, Shinji Yamaji, sekarang menjabat sebagai salah satu juri di D1GP, dimana RE Amemiya juga menjadi salah satu pesertanya!
legendaris : RE-Amemiya RX-7 Time Attack mu-7 SPL

Ama-san, membangun mobil ini dengan tujuan yang cukup gila : RX7 street-legal terkecang di Jepang. Apakah berhasil? Ya, dengan mencetak waktu 56,8 detik di sirkuit Tsukuba, yang menjadikannya menjadi salah satu mobil RWD street-legal terkencang di Jepang! Oh iya, salah satu Hillclimb Ace dari Project.D, Keisuke Takahashi, mengemudikan RX-7 yang mayoritas menggunakan parts RE Amemiya, bahkan sangat mirip dengan mu-7 SPL!
Fujita Engineering / FEED

Didirikan pada tahun : 1982

Motto : “Creating distinctive tuning cars
Keterangan : Fujita Engineering, yang dikenal dengan nama FEED (Fujita Engineering Evolutional Development), adalah salah satu rival RE Amemiya dalam dunia modifikasi Mazda, terutama untuk rotary. Identik dengan warna mobil demo berwarna abu-abu dengan aksen hitam & merah, Yoshihara Fujita selalu memilih aliran simpel & fungsional dalam produk-produknya yang lebih konsen mencetak waktu tercepat di sirkuit dibanding memenangkan kontes modifikasi, meski tetap terlihat mantap dipandang
Sebenarnya FEED merupakan tuner rotary yang kurang begitu dikenal diluar lingkup pemilik Mazda. Untungnya, berkat mobil-mobil demo yang mendominasi di beberapa kompetisi balapan non-profesional, nama FEED kian menjulang, apalagi berkat kehadirannya di media-media seperti Hot Version & Option. Salah satu hot item dari FEED adalah bodykit AFFLUX V yang membuat RX-7 menjadi mirip TVR Sagaris!
Sekilas : FEED yang bermarkas di Osaka ini, menjual berbagai macam pernak-pernik keren, salah satunya adalah asbak berbahan duralium. Bagaimana bentuknya? Tentu saja berbentuk rotary! Harganya? gak tau dah yang jelas gua gak punya! hahaha
legendaris : FEED FD3S RX-7

Seperti RE Amemiya TA mu-7 SPL, FEED FD3S ini dibuat untuk menjadi RX-7 street legal tercepat di sirkuit maupun Touge. Speknya dahsyat, terutama di mesin Twin-Rotor Nürburgring Spec yang sangat efektif. Pernah tejadi kejadian konyol, sewaktu dilakukan pengetesan oleh Dorikin di arena Touge, ternyata RX-7 ini masih memakai settingan di sirkuit Tsukuba. Bagaimana performanya? Tetap mencetak waktu tercepat, meski suspensinya sangat keras

1 komentar: